Antisipasi DBD, Dusun Brajan Lakukan Gertak PSN

13 Maret 2020 14:00:04 WIB

Wonokromoinfo/. Menindaklanjuti adanya surat keterangan diagnosa dari RS.NURHIDAYAH yang ditujukan kepada Puskesmas Kecamatan Pleret yang menerangkan bahwa salah satu pasien meninggal dunia dari Dusun Brajan tersangka DBD, meskipun setelah dikroscek ternyata negatif tapi Puskesmas tetap melakukan tindakan antisipasi dengan mengadakan PE ke rumah warga yang bersangkutan (alm.Siti Zubaidah) dan berkeliling ke rumah warga sekitarnya pada Rabu 11/03/2020.

Tidak cukup sampai disini, Kepala Puskemas (dr. Erni Rochmawati) berkoordinasi dengan Kasi Pelayanan Desa Wonokromo (Musta'in) untuk dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Mustangin pun secara sigap langsung menginformasikan kepada Fuad Hasim selaku Dukuh Brajan dan juga kepada kader- kader Dusun Brajan (Supiyah dan kawan-kawan).

Kegiatan PSN dilaksanakan pada hari ini Jumat 13/03/2020 dengan melibatkan kader Dusun Brajan. Mengambil titik kumpul di rumah Fuad, kegiatan ini selain dari petugas Puskesmas juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pleret (dr.Erni Rocmawati), kasi Kemasyarakatan kecamatan Pleret (Hidayat), Babinkamtibmas Bripka Gunawan dan Babinsa Sertu Heri Prasetyo.

Dengan dibagi tiga kelompok masing- masing menyambangi rumah- rumah warga dan mengecek lingkungan sekitarnya terlebuh kamar mandi dan toiletnya. Kunjungan dilaksanakan di tiga wilayah RT yaitu wilayah RT 04, RT 05 dan RT 01.

Dari hasil kunjungan PSN yang mendatangi 73 rumah, 15 rumah diantaranya ditemukan jentik nyamuk dilingkungan sekitar rumahnya, sehingga nilai ABJ nya sekitar 79,45%.

Meskipun hasil PSN tidak terlalu buruk tapi de.Erni berharap warga lebih sadar lagi akan pentingnya hidup bersih demi mencapai keluarga yang sehat.(fd)

Komentar atas Antisipasi DBD, Dusun Brajan Lakukan Gertak PSN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License