Warga Dihimbau Agar Berpartisipasi Aktif dalam Perbaikan DPS pada Pemilur Tahun 2020

kominfo admin 2 11 Maret 2020 11:05:55 WIB

Wonokromoinfo – Pemilih merupakan satu hal yang paling vital dalam penyelenggaraan pemilihan pimpinan dalam berbagai jabatan pimpinan, begitu juga dalam pemilihan Lurah Desa Wonokromo yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juni 2020 mendatang. Begitu vitalnya data pemilih dalam Pemilihan Lurah sehingga diharapkan dengan adanya pendataan pemilih dapat mengakomodir seluruh warga Desa Wonokromo yang sudah memiliki hak pilih untuk memberikan hak suaranya dalam rangka penentuan Lurah Desa Wonokromo terpilih.

Panitia Pemilihan Lurah Desa Wonokromo sebagai penyelenggara Pemilur memulai tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) Data Pemilih di seluruh wilayah di Desa Wonokromo. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menyebar Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di seluruh Dusun di wilayah Desa Wonokromo. Coklit merupakan kegiatan pencocokan data di lapangan, dimana petugas bertemu langsung dengan pemilih. Tahapan Coklit tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) minggu, yakni dari tanggal 18 Februari sampai dengan tanggal 2 Maret 2020.

Setelah dilakukan Coklit data oleh PPDP, selanjutnya dilakukan perbaikan terhadap data tersebut oleh Panitia Pilurdes. Adapun perbaikan data yang dilakukan yakni dilakukan pencoretan terhdap data pemilih yang meninggal dunia, pindah tempat tinggal, ganda, dan tidak memenuhi syarat lainnya. Selain itu juga dilakukan perubahan terhadap data pemilih yang dirasa kurang tepat penulisan nama, tempat dan tanggal lahir, status, NIK, NKK dan informasi lain yang dituangkan dalam DPS. Tahapan Coklit tersebut saat ini sudah dilaksanakan. Selanjutnya yakni tahapan Perbaikan DPS.

Tahapan Perbaikan DPS dilakukan dengan mengumumkan data yang telah dicoklit oleh PPDP kepada masyarakat. Pengumuman tersebut dilakukan dengan menempelkan DPS Perbaikan di tempat-tempat strategis di masing-masing Dusun se Desa Wonokromo. Dengan diumumkannya DPS Perbaikan ini diharapkan masyarakat dapat ikut serta mencermati data sehingga DPS yang digunakan dalam Pemilur kali ini dapat menggambarkan data riil warga yang memiliki hak pilih.

Saat ini pengumuman DPS Perbaikan masih berlangsung. Untuk itu diharapkan kepada seluruh warga masyarakat agar dapat turut andil dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilur Desa Wonokromo Tahun 2020 ini dengan berpartisipasi dalam penyempurnaan DPS ini. Masyarakat dihimbau agar mendatangi tempat dimana DPS tersebut ditempelkan. Jika kemudian ditemukan data yang sekiranya perlu dibenahi ataupun terdapat warga masyarakat Desa Wonokromo yang belum tertera di DPS yeng diumumkan tersebut maka diharapkan warga dapat segera melaporkannya kepada Panitia Pemilihan Lurah Desa di Kantor Sekretariat PanPilur Desa Wonokromo di Balai Desa Wonokromo sampai dengan tanggal 16 Maret 2020 di jam kerja. (Ike)

Komentar atas Warga Dihimbau Agar Berpartisipasi Aktif dalam Perbaikan DPS pada Pemilur Tahun 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License