Rapat Koordinasi Haul ke-403 Kyai Ageng Jejer (Sunan Suroprobo)

28 Februari 2020 13:54:18 WIB

Wonokromoinfo- Rapat koordinasi Pengajian dan Haul ke 403 Kyai Ageng Jejer (Sunan Suprobowo), Kyai Kriyo serta Garwo Dalem Hamengku Buwono III. Kamis, 27 Februari 2020 bertempat di rumah Dukuh Jejeran 1 Muhammad Mustamid, dengan menghadirkan KH.Jawis Masruri, KH.Ja'far Jazuli, KH.Za'imul Umam, KH.Haidar, dan Para Kyai serta Ulama' diseluruh Dusun Jejeran. Mengundang semua RT, tokoh Masyarakat, Takmir Masjid, Pemuda-Pemudi seluruh Jejeran.

Rapat dimulai pukul 20.30-23.00 WIB dibuka oleh Pembawa acara yaitu Dukuh Jejeran 2 Nur Muhammad Darussalam, dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Muhammad Mustamid dan dilanjutkan musyawarah dipimpin oleh KH.Jawis Masruri yang menyampaikan tentang Planning acara haul yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2020 bertempat di halaman Masjid Kaagungan Dalem (Mi'rojul Muttaqinalloh) Jejeran. Hasil musyawarah dibacakan oleh Nur Muhammad Darussalam dan acara ditutup dengan bacaan tahlil dan doa bersama dipimpin oleh KH.Za'imul Umam.

Dalam rapat tersebut juga mengundang Polsek Pleret yaitu Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan sebagai koordinator kemananan di acara nanti.
Menurut sejarahnya, Dusun Jejeran ini merupakan salah satu tempat bermukimnya para Ulama yang menyebarkan Islam di Mataram. Dari Kyai Jejer, Kyai Kriyan, Kyai Mlaten, Kyai Klenteng, sampai Kyai Nawawi. Saat ini makam dari Para Ulama terdahulu ini menjadi tujuan ziarah dan dikunjungi dari berbagai Daerah di Indonesia.

Pengajian yang akan dilaksanakan 8 maret 2020 nanti bertujuan untuk mendorong Pemerintah (Negara) riset dan merevitalisasi Padepokan Ki Ageng Jejer (Sunan Suroprobo) di Jejeran yang sebagai tempat penggemblengan karakter super tangguh Pahlawan Nasional Sultan Agung Hanyokrokusumo Bela Negara melawan kolonial dan embrio Kerajaan Mataram Islam Kerto Pleret. Pengajian ini juga bertujuan untuk tetap menjaga Dusun Jejeran sebagai “Dusun Wisata Relijius” terjaga dengan baik.(Rn)

Komentar atas Rapat Koordinasi Haul ke-403 Kyai Ageng Jejer (Sunan Suroprobo)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License