MAJELIS NGAJI MIGUNANI BAHAS TENTANG CINTA

19 Februari 2020 19:14:12 WIB

Wonokromoinfo/. Selasa malam (18 /02/ 2020) rutinan NGAJI MIGUNANI yg diadakan 2 minggu sekali mengusung Tema Ngaji Cinta (Mahabbah) dilaksanakan di Gedung BLK Al-Mahalli Dusun Brajan, Wonokromo Pleret Bantul. Kali ini kajian yang dipenuhi oleh kaum muda ini berlangsung cukup seru karena konsep ngaji yang dibuat komunikatif antara pemateri dengan audiens. Ada sesi tanya jawab seputar tema dan curcol (curhat colongan) juga. Hal ini dilakukan karena menurut Gus Nauval (penceramah) segala sesuatu itu bisa menjadi ilmu. Sebelum acara dimulai seperti biasa disuguhkan lantunan syair sholawat dengan musik hadroh dan akustik yg semakin menampakkan karakternya sebagai kajian ilmu agama untuk kaum milenial.

Sebenarnya dg tema ngaji Cinta ini tidak lepas dr kitab panduan, yang pada kesempatan ini merujuk ke kitab Qasidah Burdah karya Imam Muhammad bin Sa'id Al-Bushairi yg monumental. Gus Nauval memilih bab awal yg membahas tentang Cinta beliau (pengarang kitab) kepada Rasulullah saw. Dimana menjelaskan tentang kegalauan, kerinduan, dan air mata Cinta yg bercampur darah. Begitulah Cinta yg murni, Cinta kepada sang kekasih sejati, yaitu Kanjeng Nabi saw.  -Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad-

Di dalam isi kajian ini pemateri juga menukil maqolah yg berbunyi:

من أحبّ شيئا كثر ذكره
ومن أحبّ شيئا فهو عبده

"Barangsiapa  mencintai sesuatu maka ia sering menyebutnya,  dan barang siapa cinta kepada sesuatu maka ia pasti menjadi budaknya."

Daripada kita menjadi budak sesuatu yang tidak diridhoi Allah, alangkah baiknya kita mencintai yg dicintai Allah, yaitu mencintai Rasulullah SAW.
begitu gus Nauval mengistilahkannya.

Dengan semakin aktifnya pemuda- pemudi Dusun Brajan dan sekitarnya dalam kegiatan menuntut ilmu, terlebih ilmu agama semoga menjadi benteng yang tanggung bagi masa depan Desa Wonokromo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.(fd)

Komentar atas MAJELIS NGAJI MIGUNANI BAHAS TENTANG CINTA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License