Dosen dan Mahasiswa UMY Adakah Sosialisasi Biopori di Dusun Wonokromo II

17 Februari 2020 07:41:25 WIB

Wonokromo  info - Minggu 16 Februai 2020 bertempat di Madrasah Diniyah Al-Munajah Dusun Wonokromo II Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul telah dilaksanakan Sosialisasi Biopori dan Pengabdian Masyarakat Dosen Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Dusun Wonokromo II Dani Febriana, Kader Dusun Wonokromo II, Muda – Mudi Wonokromo II, Anggota Pokgiat dan Bapak-Bapak RT Dusun Wonokromo II hadir juga dalam acara tersebut Kasi Pelayanan Desa Wonokromo Musta’in dan Dosen UMY Fitri Arofiati, S.Kep., NS., MAN., P.hD. dan Agus Suparno sebagai pemandu penyuluhan dan praktek Biopori.

Agus suparno selaku pembina memberikan teori terlebih dahulu apa manfaat dari biopori itu sendiri dan apa saja yang bisa dimasukkan dalam biopori. Agus suparno menerangkan bahwa apabila musim hujan biopori bisa untuk peresapan air dan apabila untuk musim kemarau seperti daun kecil-kecil bisa dimasukkan ke dalam biopori dan bisa dijadikan untuk pupuk. Setelah itu kita mempraktekkan bersam dengan mahasiswa dan dosen UMY untuk praktek melakukan dan membuat biopori dan sasaran tersebut bisa dilakukan di rumah atau di kebun dan di jalan yang jalan itu terbuat dari paving blok yang sudah pas dengan ukuran tutup biopori.

Alat tersebut juga bukan hanya tutupnya saja tapi di bawahnya dikasih peralon yang sudah dipotong dan diberi lubang untuk ditancapkan di tanah yang sudah di lubang dengan alat biopori tersebut. Joni Setiawan selaku ketua pokgiat mengucapkan terima kasih kepada Dosen dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mengabdikan kepada masyarakat  di Dusun Wonokromo II dan bantuan perlengkapan biopori dan lain-lain.

Agus suparno juga menghimbau kepada warga untuk selalu memantau perkembangan biopori di Dusun Wonokromo II, dan semoga bermanfaat bagi warga Dusun Wonokromo II. (Dn)

Komentar atas Dosen dan Mahasiswa UMY Adakah Sosialisasi Biopori di Dusun Wonokromo II

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License