BUDAYA MITONI KOMBINASI JAWA DAN ISLAM

11 Februari 2020 17:40:25 WIB

Wonokromoinfo/. Acara tradisi yang masih sering diadakan di Dusun Brajan adalah Mitoni. Mitoni adalah sebuah acara yang diadakan khusis untuk wanita hamil yang usia kandungannya sampai pada 7 bulan. Hanya saja di Dusun Brajan acara seperti ini sudah dikombinasikan antara tradisi jawa dengan ajaran islam.

Seperti yang tampak pada gambar di atas. Pada hari selasa 11/02/2020 Asrofi dan Eka mengadakan acara Mitoni untuk calan anak pertama yang HPL nya diperkirakan sekitar bulan Mei 2020 ini. Pada acara mitoni ini Asrofi sekeluarga menyiapkan makanan dengan menu khas gudangan yang akan disedekahkan kepada saudara dan tetangga sekitar.

Setelah menu nasi gudangan masak segera di buat satu hidangan semacam tumpeng untuk simbol sedekah kemudian yang lain dikemas nasi bol. Setelah semua siap tersaji, Michlasin selaku sesepuh memimpin acara doa yang dimaksudkan agar sedekah yang akan diberikan kepada saudara dan tetangga inienjadi wasilah untuk jabang bayi yang masih di dalam kandungan selalu diberi kesehatan dan keselamatan danpai pada saatnya nanti proses kelahiran. Doa juga diperuntukkan bagi ibu yang mengandungnya.

Setelah prosesi doa aeslesai nasi gudangan dalam kemasan dos pun segera dibagi'- bagikan ke saudara dan tetangga dekat. Tradisi seperti ino masih sering diadakan di Duaun Brajan dengan tujuan sealin menjadga warisan leluhur juga sebagai bentuk ikhtiar warga kepada Alloh Swt.(fd)

Komentar atas BUDAYA MITONI KOMBINASI JAWA DAN ISLAM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License