Pengajian 14-an Masjid Mi'rojul Muttaqinalloh Jejeran

08 Februari 2020 21:33:17 WIB

Wonokromoinfo - (07/02/2020) Dusun Jejeran adalah salah satu Dusun di Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul yang terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Dusun ini terkenal dengan Dusun atau Kampung santri yang mana dalam Dusun ini banyak akan ritual-ritual religius atau keagamaan, salah satunya adalah Pengajian 14-an (patbelasan).

Panitia pengajian 14-an Jejeran, Ibnus Sakan mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu meski sempat vakum akan tetapi alkhamdulillah sekarang sudah dihidupkan kembali dan masuk dalam tahun ketiga.

Dinamakan Pengajian 14-an (patbelasan)? karena kegiatan ini diadakan secara rutin pada malam keempat belas dalam hitungan Jawa. Dalam Pengajian 14-an (patbelasan) ada beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain adalah shalat taubat, shalat hajat, lalu pembacaan kitab pertama dengan judul Ahlussunah Wal Jama'ah kemudian pembacaan kitab yang kedua dengan judul Durorul Bahiyyah dan kemudian ditutup dengan tahlil. Rangkaian acara pada Pengajian 14-an (patbelasan) ini sesungguhnya mengandung arti dan filosufi yang apik. Kenapa tidak? Sholat taubat dan shalat hajat adalah sebenarnya benteng terkuat dari ancaman degradasi moral. Buat apa otak pintar tapi iman lemah atau buat apa iman kuat tapi otak tidak pintar. Dengan shalat taubat dan hajat ini kita dilatih untuk keduanya. Otak pintar dan iman yang kuat agar outputnya menjadi orang yang benar.

Dilanjut dengan ngaji kitab Durorul Bahiyyah dan kitab Ahli Sunnah wal Jama'ah sebagai landasan berpikir agar semakin kritis, tidak terbelenggu di akhir zaman, serta semakin benar dalam berkehidupan karena inti dari kitab ini adalah tentang ajaran ahlussunah wal jama'ah serta fiqh sosial yang setiap hari kita perlukan. Sejalan dengan kaidah agama "shalihun li kulli zamaan wa makaan (kontekstual di segala waktu dan tempat). Terakhir dari rangkaian Pengajian 14-an (patbelasan) adalah tahlil. Kita tahu bahwasannya tahlilan adalah realitas rohani atau spritual yang paling penting agar hati kita tidak kering karena didalamnya terdapat lantunan-lantunan dzikir dan ayat-ayat al-Qur'an. Jika otak diisi oleh asupan gizi ilmu melalui belajar dan jasmani diolah sedemikian rupa melalui aktivitas olah raga, maka rohanipun juga butuh asupan gizi spiritual yang cukup dan salah satu yang paling memungkinkan adalah tahlilan. Di samping itu tahlilan juga sebagai wadah paling efektif dalam bersedekah. Saya menyakini bahwasanya konsep tahlilan ini salah satu cara tercepat dalam perkembangan perjalanan bagi Islam sebab cara ini sebagai sarana penaklukan-penakhlukan tanpa pertumpahan darah.

Jama'ah 14-an yaitu Warga Jejeran dan sekitarnya. Dimulai setelah sholat isya' dilanjutkan acara tersebut sampai pukul 22.00 WIB. Pengajian 14-an sebagai program kerja takmir masjid Jejeran dan "derekke kasepuhan" mengikuti Para Kasepuhan/Ulama' Jejeran.(Rn)

Komentar atas Pengajian 14-an Masjid Mi'rojul Muttaqinalloh Jejeran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License