GERTAK PSN Dusun Wonokromo II, ABJ Masih 82,74%

Administrator 08 Februari 2020 12:48:57 WIB

Wonokromoinfo – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan di Desa Wonokromo khususnya Dusun Wonokromo II.

Mengantisipasi DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti Pemerintah Desa Wonokromo bekerjasama dengan Puskesmas Pleret dan Kader Jumantik Dusun Wonokromo II serta Babinkamtibmas dan Babinsa menggelar Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN) pada hari Sabtu  (08/02/2020) di 6 RT Dusun Wonokromo II Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Gertak PSN tersebut dipimpin langsung oleh Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP., MAP. dengan diikuti oleh seluruh kader jumantik Dusun Wonokromo 2 berjumlah 24 dan dihadiri sanitarian Puskesmas Pleret 2 orang, Babinsa Desa Wonokromo 2 orang, Babinkamtibmas 1 orang, kepala dusun, ketua RT dan pemuda pemudi Dusun Wonokromo II dan perwakilan FPRB Dewo melakukan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN) dalam Rangka Pengendalian Penyakit DBD di Dusun Wonokromo II.

Pada pukul 08.00 WIB acara dibuka dengan pengarahan dari Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP., MAP, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kasus DBD di wilayah Desa Wonokromo khususnya di Dusun Wonokromo II maka sangat perlu dilakukan tindakan preventif yaitu Gertak PSN agar tidak ada warga yang terkena DBD. “Semoga angka orang sakit karena penyakit DBD setelah diadakan Gertak PSN ini dapat berkurang”, tegas Edy Pudjono.

Dilanjutkan dengan pelaksanaan Gertak PSN dengan pembagian kelompok dimasing – masing RT 1 sampai RT 6 se Dusun Wonokromo II. Adapun hasil kunjungan adalah sebagai berikut :

RT 01 Kunjungan 33 rumah Positif terdapat jentik 02 rumah ABJ 93,9 %
RT 02 Kunjungan 38 rumah  Positif terdapat jentik 05 rumah ABJ 86 %
RT 03 Kunjungan 33 rumah Positif terdapat jentik 05 rumah ABJ 84,8 %
RT 04 Kunjungan 48 rumah Positif terdapat jentik 13 rumah ABJ 60 %
RT 05 Kunjungan 53 rumah Positif terdapat jentik 12 rumah ABJ 77 %
RT 06 Kunjungan 50 rumah Positif terdapat jentik 07 rumah ABJ 86 %

 

Dari total kunjungan 255 ke rumah - rumah warga Dusun Wonokromo II terdapat 44 rumah/lingkungan warga positif terdapat jentik - jentik yang berpotensi menyebarkan DBD sehingga nilai Angka Bebas Jentik 82,74%

Sanitarian Puskesmas Pleret Untung Sarwandono,Am.KL didampingi Dendi Hadi Saputra, Am.KL memberikan arahan tentang pentingnya menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan. Melihat hasil ABJ yang didapat pada Gertak PSN kali ini sebenarnya masih jauh dari target yaitu 95 %.  Sebenarnya nilai ABJ bisa disebut bagus apabila berada pada angka 95 %. Namun hal tersebut agaknya masih membutuhan usaha sangat keras, terutama kesadaran masyarakat.  Pasalnya nilai ABJ 95 % itu menandakan masyarakat sudah sadar dengan pentingnya menjaga lingkungan. Terutama sadar untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara berkala.

Menurutnya tantangan terberat dalam upaya penanganan demam berdarah (DB) adalah terkait dengan perilaku dan pola pikir masyarakat tersebut. Sedangkan untuk mengubah hal itu membutuhkan waktu dan usaha yang panjang. 

Dani Febriana selaku Kepala Dusun Wonokromo II menegaskan bahwa untuk mewujudkan masyarakat wonokromo II sehat akan digalakan PSN rutin secara berkala di 6 RT Dusun Wonokromo II. (Mst) 

   

Komentar atas GERTAK PSN Dusun Wonokromo II, ABJ Masih 82,74%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License