SEMAAN QURAN SABTU WAGE DUSUN BRAJAN SUDAH BERLANGSUNG PULUHAN TAHUN

08 Februari 2020 11:37:59 WIB

Wonokromoinfo/. Kegiatan semaan Quran di Masjid Brajan yang diadakan pada hari sabtu (08/02/2020) adalah salah satu tinggalan leluhur Dusun Brajan yang sudah berlangsung sejah puluhan tahun yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan rutin selapanan (35 hari sekali) setiap hari sabtu wage.

Disamping untuk menanamkan cinta membaca kitab Al Quran bagi warga Brajan dan sekitarnya, juga untuk wadah bagi para hafidz/hafidhoh (penghafal A Quran) untuk media ngaji dan deresan. Disamping itu juga mebaca Al Quran secara hafalan dengan disimak jama'ah yang lain ini dihususkan untuk mengirim doa bagi para leluhur dan warga Brajan yang telah lebih dulu dipanggil Alloh Swt. Sehingga dalam majelis ini juga sebagai bentuk pengamalan birrul walidain bagi para jamaahnya.

Kegiatan ini biasanya melibatkan hafidz/hafidhoh yang ada di Dusun Brajan dan sekitarnya dan dijadwal bergantian antara hafidz dan hafidzohnya, jadi semisal saat ini yang mbaca adalaha para hafidhoh, maka di pengajian berikutnya giliran para hafodz yang membacanya, begitu dan seterusnya.

Selain warga Brajan yang hadir juga dari warha Dusu  sekitarnya, danterutama didominasi oleh ibu- ibu berusia lanjut yang sengaja meniatkan diri untuk menghabiskan masa tuanya di jalan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Alloh swt.(fd)

Komentar atas SEMAAN QURAN SABTU WAGE DUSUN BRAJAN SUDAH BERLANGSUNG PULUHAN TAHUN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2018

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License