Penyelidikan Epidemiologi (PE) di Dusun Wonokromo II

Administrator 06 Februari 2020 22:00:08 WIB

Wonokromoinfo – Selasa, 04/02/2020 dilakukan kegiatan  Penyelidikan Epidemiologi di Dusun Wonokromo II Desa Wonokromo Pleret Bantul.

Dalam penyelidikan epidemiologi dilaksanakan oleh Tim dari Puskesmas Pleret, Pemerintah Desa Wonokromo dan Kader Jumantik Dusun Wonokromo II.

Untung dari puskesmas Pleret menjelaskan bahwa penyelidikan epidemiologi bertujuan untuk mendapatkan gambaran terhadap suatu masalah kesehatan atau penyakit secara detail. Untung juga mengatakan dilakukannya penyelidikan epidemiologi di Dusun Wonokromo II tersebut dikarenakan adanya rekomenasi dari Dinas Kesehatan Bantul bahwa di wilayah Dusun Wonokromo II terdapat warga yang terkena demam berdarah.

Untung Sarwandono, Am.KL yang didampingi Dendi Hadi Saputra, Am.KL. selaku sanitarian Puskesmas Pleret menjelaskan kronologis pasien yang menderita malaria dan sempat dirawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

“Setelah dilakukan anamnesa adanya riwayat warga Dusun Wonokromo II mondok di salah satu pondok pesantren untuk belajar, disana pasien ini sudah terjangkit malaria berikutnya ia pulang kampung ke Wonokromo II , kemudian mendapatkan perawatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul”jelas Nurmiyah selaku kader jumantik.

Setelah melakukan koordinasi, Tim dari Puskesmas Pleret yang didampingi Pemerintah Desa Wonokromo dan kader jumatik Wonokromo II langsung bergerak menuju ke rumah penderita dan sekitarnya. Disana dilakukan pengecekan bak kamar mandi warga dan lingkungan sekitar. Hasilnya dari kunjungan 12 rumah warga yang terdapat jentik – jentik adalah 6 rumah sehingga Angka Bebas Jentik (ABJ) 50%.

Dengan adanya kasus demam berdarah ini, Kasie Pelayanan Desa Wonokromo Mustain menginstruksikan kader jumantik Dusun Wonokromo II untuk segera melakukan langkah-langkah penanggulangan yang paling efektif yaitu PSN serentak di Dusun Wonokromo II. “Nanti saya akan mengajak Puskesmas Pleret, Polsek Pleret, Koramil Pleret untuk ikut serta dalam PSN tersebut, hal ini untuk mencegah supaya tidak ada warga yang terkena demam berdarah”ucapnya. (Mst)

Komentar atas Penyelidikan Epidemiologi (PE) di Dusun Wonokromo II

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License