SOSIALISASI PROGRAM SEMBAKO TAHUN 2020

29 Januari 2020 13:59:01 WIB

Wonokromoinfo - Bantul (29 Januari 2020)- Dinas sosial P3A Kabupaten Bantul menyelenggarakan sosialisasi Program Sembako Tahun 2020, yang dihadiri oleh Agen BPNT se-Kabupaten Bantul, TKSK se-Kabupaten Bantul, Korkab PKH Kabupaten Bantul, Korcam PKH se Kabupaten Bantul. Pada Pembukaanya dari Dinas Sosial menyampaikan bahwasanya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) memberikan dampak yang positif yakni menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Bantul. Disampaikan juga bahwasanya Program sembako merupakan peralihan dari program BPNT.

Perbedaan antara BPNT dan Program Sembako adalah adanya kenaikan indeks bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) serta adanya pilihan komponen komoditas pilihan yang telah ditentukan. Untuk BPNT kemarin Rp. 110.000/KPM/bulan saat ini dengan program sembako diberikan Rp.150.000/KPM/bulan, perbedaan 40.000 ini digunakan untuk dialokasikan penambahan bahan makanan.

Perbedaan komoditas bahan makanan yang diberikan yakni dari yang dulu berupa beras dan telur saat ini ditambahkan dengan adanya kacang-kacangan, daging atau ikan, sayuran serta buah-buahan.

Untuk Kabupaten Bantul pencairan Program sembako ini akan dilaksanakan serentak pada tanggal 31 januari 2020. Karena program ini baru akan terlaksana pertama kali maka mekanisme pencairan dengan cara KPM mencairkan saldo 150.000, lalu mendapatkan beras dan telur seharga 110.000 seperti biasanya untuk saldo sisa 40.000 KPM dapat mencatat apa saja kebutuhan yang diingikan (sesuai komoditi yang ditentukan) kepada E-waroeng, yang nanti akan disediakan dikemudian hari.

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah E-warong sebagai penyedia agar tidak terjadi gagap dalam memenuhi permintaan, sehingga semua tidak ada yang dirugikan. Hal ini mengingat bertambahnya komoditas yang diberikan semakin beragam maka akan timbul masalah. Selain itu untuk wilayah Kabupaten Bantul sendiri jumlah KPM sebanyak 94.200-an orang. Maka hal ini masalah yang akan timbul harus diminimalisir.

Melalui Program Sembako ini agar mengurangi angka stunting dan KPM dapat akses dalam pemenuhan kebutuhan gizi, khususnya masyarakat Kabupaten Bantul. (Norma)

Komentar atas SOSIALISASI PROGRAM SEMBAKO TAHUN 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License