Pemilihan Ketua RT 01 Jejeran II Pesta Demokrasi Ala Kadarnya

Administrator 27 Januari 2020 13:20:22 WIB

Wonokromoinfo - selamat ya pak.. selamat telah terpilih menjadi ketua rukun tetangga yang baru, suara riuh rendah itu bergemuruh saat Panitia Pemilihan Ketua RT 01 Dusun Jejeran II Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, yang berlokasi halaman rumah warga RT 01 Dusun Jejeran II, mengumumkan nama  ketua rukun tetangga yang terpilih.

Suasana di RT 01 Dusun Jejeran II pada hari Minggu (26/1/2020) itu memang terlihat ramai dan berbeda dari hari biasanya, usut punya usut ternyata saat itu warga RT 01 Dusun Jejeran II sedang mengukir sejarah baru, dengan menggelar pesta demokrasi  ala  kadarnya, untuk memilih ketua rukun tetangga yang baru menggantikan ketua rukun tetangga lama yang telah berakhir masa jabatannya.

Warga begitu antusias mengikuti kegiatan yang digelar setiap 3 tahun sekali itu, tanpa dikomando, mereka terlihat beramai ramai mendatangi tempat pemungutan suara dengan penuh sukacita.

Terlihat ikut menyaksikan dan hadir dalam acara tersebut Kepala Dusun Jejeran II Nur Muhammad Darussalam, dan tokoh masyarakat Dusun Jejeran II.

Menurut ketua panitia pemilihan ketua rukun tetangga 01 Dusun Jejeran II, Anggar Gita (35), pemilihan yang dilakukan di RT 01 Dusun Jejeran II ini, dilaksanakan setiap 3 tahun sekali, dan sebanyak 42 kepala keluarga yang terdiri dari 137 jiwa, diantaranya sebanyak 108 orang telah memberikan hak suaranya pada pemilihan dan hadir 82 orang  

Nur Muhammad Darussalam selaku Kepala Dusun Jejeran II mengatakan warga menggelar pemilihan langsung ketua rukun tetangga yang dikemas ala pencoblosan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Tersedia tempat pemungutan suara (TPS) walaupun sederhana, sejumlah petugas selayaknya tim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan bilik suara.

Ia menambahkan pemungutan suara juga nyaris tak ada bedanya dengan tata cara pencoblosan pilkada. Satu per satu warga yang telah terdaftar sebagai pemilih mengantre untuk menunjukkan identitas kepada petugas di pintu masuk TPS. Setelah tercatat, para pemilih dipersilakan duduk untuk menunggu giliran panggilan dari petugas melalui pengeras suara. Petugas memanggil pemilih berdasarkan urutan kedatangan untuk diberikan surat suara.  Pemilih selanjutnya masuk bilik suara dan mencoblos surat suara yang terlampir gambar calon ketua RT. Surat suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke kotak suara. Pemilih kemudian menuju meja tinta untuk menandai jari dengan tinta. Sebuah percontohan kecil upaya warga untuk memberi kebebasan terhadap seseorang dalam menentukan sosok pemimpin yang dinilainya patut dijadikan suri tauladan. Mereka berpartisipasi langsung menunjuk pemimpin harapannya.

Diantara kandidat yang dicalonkan warga, terpilih menjadi Ketua RT 01 Dusun Jejeran II untuk periode 2020 – 2023 yakni Hadi Fajar Wintolo (52) dengan perolehan suara 21.

Proses pemilihan berjalan aman, kondusif dan meriah. (Must)

Komentar atas Pemilihan Ketua RT 01 Jejeran II Pesta Demokrasi Ala Kadarnya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License