Aqiqoh Sudah Menjadi Adat Kebiasaan Dusun Brajan

20 Januari 2020 20:55:14 WIB

Wonokromoinfo - Mengundang tetangga dan saudara untuk minta doa restu atas lahirnya putra yang diamanahkan oleh Alloh SWT setelah pagi sebelumnya diadakan prosesi penyembelihan domba yang dikhususkan untuk bayi yang baru lahir tersebut.

Ya, itulah salah satu ibadah yang dikombinasikan dengan budaya adat yang memasyarakat di lingkungan Wonokromo dan sekitarnya. Tasyakuran yang dibersamai dengan aqiqoh. Seperti yang diselenggarakan pada minggu malam 19/01/2020 oleh Arfiyanto dan Anisah, pasangan suami istri yang sudah setahun menikah.

Diawali dengan pembacaan syair sholawat diringi tabuhan rebana dari grup hadroh Laa Tahzan dari Karanganom warga yang mendapat undangan mulai berdatangan. Setelah semua undangan hadir acara pun dimulai.

Acara dibuka oleh Fuad selaku Dukuh Brajan yang meberikan sambutan mewakili keluarga. Setelah itu dilanjutkan pembacaan sholawat maulid Al Barzanzi yang dipimpin Kyai Hasyimi sebagai sesepuh Dusun Brajan.Setelah rangkaian pembacaan Al Barzanzi selesai ditutup dengan doa dan seperti adat yang sudah berlaku dihidangkan sodaqoh Dahar Berkat.

Hal ini dimaksudkan untuk wasilah memohon kepada loh swt agar bayi yang malam itu diberi nama Muhammad Arfan Hamizan menjadi anak yang sholeh, sehat dan cerdas.(fuad)

 

Komentar atas Aqiqoh Sudah Menjadi Adat Kebiasaan Dusun Brajan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License