Perbaikan ‘Gejlik’ Saluran Irigasi Jejeran II

20 Januari 2020 10:38:13 WIB

Wonokromoinfo - Salah satu kegiatan Pemberdayaan kelompok tani yang dinaungi oleh Kasi Kesejahteraan Desa Wonokromo adalah terkait masalah irigasi. Irigasi tidak dapat dipungkiri merupakan bagian terpenting dalam pertanian. Maka dari itu perawatan saluran irigasi merupakan sesuatu yang krusial bagi petani.

Minggu, 19 Januari 2020 kelompok Tani Jejeran II melakukan kerjabakti perbaikan ‘Gejlik’ yang hampir roboh. ‘Gejlik’ adalah istilah lain dari pintu air di saluran irigasi. Kerjabakti ini dilakukan secara semangat oleh semua anggota kelompok tani Jejeran II yang dikoordinir langsung oleh Pak Dukuh.

Fungsi  dari ‘gejlik” ini untuk mengatur debit air yang mengaliri sawah khusunya di Jejeran II.  Sehingga jika ‘gejlik’ rusak maka akan menyulitkan bagi petani.

Saat ini ‘gejlik’ sudah kembali normal dan dapat dipergunakan dengan baik. Tujuan dari kegiatan perbaikan saluran irigasi ini adalah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, deangan adanya aliran pengairan lancar makan hasil petani juga akan bagus.(Norma)

Komentar atas Perbaikan ‘Gejlik’ Saluran Irigasi Jejeran II

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License