Ziaroh Pondok Pesantren Al-Husain Jejeran I

13 Januari 2020 22:01:33 WIB

Wonokromoinfo -  Pondok Pesantren Al-Husain Jejeran I Gelar Wisata Religi / Ziaroh ke Makam Kyai Nur Iman Mlangi Sleman Yogyakarta dan Makam Kyai Dalhar Gunung Pring Watu Congol Muntilan Jawa Tengah.

Pasca Khataman Alquran Ahad pagi, para Santri melakukan ziaroh pada hari Ahad, 12 Januari 2020 bersama-sama menuju Mlangi dan Muntilan dengan menggunakan Armada  Mini Bus. Berangkat dari Pondok Pesantren setelah Sholat Jama'ah Maghrib dan Kembali ke Pondok Pesantren pukul 01.00 WIB. Ziaroh dipimpin oleh Ahmad Mufti Althof selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al-Husain Jejeran.

"Ziaroh merupakan tradisi yang sudah dijalankan oleh warga Nahdliyyin sejak lama untuk menghormati leluhur dan para wali atau orang sholih yang dianggap mendedikasikan hidupnya untuk agama islam," kata Abdulloh Fredi Santri Pondok Pesantren Al-Husain Jejeran.

Menurutnya, ziaroh juga merupakan salah satu tradisi yang berlangsung lama dilestarikan Pesantren. Selain tahlil, maulidan, manaqiban, dan lain-lain.

Gus Ahmad Mufti Althof selaku  Pimpinan Pondok Pesantren Al-Husain mengatakan, kegiatan semacam ini perlu dilakukan untuk memperkenalkan sekaligus meneladani Para Wali, Kyai serta Auliya'. Kegiatan ini diadakan untuk memperoleh keberkahan dan meneladani semangat Para Pejuang Agama dalam berjuang mempelajari dan menyebarkan tentang Islam terutama  ilmu Alquran.

Harapannya para Santri dapat mengambil teladan terutama bagaimana Para Auliya' berinteraksi dengan Alquran dan mengamalkannya didalam kehidupan. Dia menyampaikan kepada Para Santri saat ziaroh, terutama di makam Auliya' untuk selalu menjaga akhlaknya. Diantaranya ketika bertawassul niat dan tujuan untuk berdoa kepada Alloh SWT semata, bukan kepada makam tersebut. (Rona)

Komentar atas Ziaroh Pondok Pesantren Al-Husain Jejeran I

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License