Persiapan Awal BPD Wonokromo Dalam Pilurdes Serentak 2020

kominfo admin 2 12 Januari 2020 09:33:24 WIB

Wonokromoinfo - Jum'at 10 Januari 2020, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wonokromo kembali melaksanakan pertemuan. Pertemuan kali ini menghadirkan berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Desa Wonokromo, Lembaga Kemasyarakatan Desa Wonokromo, serta perwakilan Tokoh Masyarakat di Desa Wonokromo. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka persiapan untuk menyongsong Pemilihan Lurah Desa yang akan dilaksanakan secara serentak di 24 Desa yang ada di Kabupaten Bantul.

Awalnya, pelaksanaan Pemilihan Lurah Desa berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Bantul nomor 4 tahun 2016, dimana komposisi dari Panitia Pemilihan Lurah tersebut berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 unsur Pemerintah Desa, 3 orang dari unsur Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan 3 unsur dari Tokoh Masyarakat, serta 2 orang tambahan sebagai Sekretariat. Akan tetapi ternyata peraturan tersebut diperbarui dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul nomor 13 tahun 2019 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Lurah Desa. 

Peraturan Daerah Kabupaten Bantul nomor 13 tahun 2019 tersebut mengubah jumlah komposisi personil susunan kepanitiaan. Dimana susunan panitia intinya tetap sama yaitu 9 orang yang terdiri dari 3 orang Pemerintah Desa, 3 orang Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan 3 orang Tokoh Masyarakat, namun Sekretariat nya bertambah menjadi 3 orang.

BPD dalam hal ini bertugas untuk membentuk Panitia Pelaksana Pemilur serta peraturan dan petunjuk teknis terkait pelaksanaannya. BPD juga berwenang untuk membuat SK (Surat Keputusan) BPD untuk Panitia Inti Pemilihan Lurah yang berjumlah 9 orang, sedangkan SK untuk 3 orang Sekretariat adalah oleh Lurah. 

Dalam rapat tersebut belum dapat ditetapkan susunan kepanitiaannya karena ada perubahan komposisi jumlah kepanitiaan, sehingga akan dilaksanakan pertemuan kembali untuk melakukan pembahasan lebih lanjut hingga ditetapkannya kepanitiaan Pemilihan Lurah Desa tersebut. Pertemuan direncanakan akan dilaksanakan dua hingga tiga hari mendatang. (Ike,CPI)

Komentar atas Persiapan Awal BPD Wonokromo Dalam Pilurdes Serentak 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License