Semaan Rutin Ahad Pahing Dusun Jejeran

Administrator 15 Oktober 2018 23:05:10 WIB

WONOKROMOINFO – Simaan Rutin Ahad Pahing, bagi masyakat Jejeran, sudah tak merasa asing lagi. Bahwasannya hari itu adalah hari di mana diadakan sema'an al-Qur'an terutama untuk para perempuan dari kecil-kecil sampai ibu-ibu di Masjid Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta "Mi'rojul Muttaqinnallah" Jejeran pada Ahad, 14 Oktober 2018.

Awal mula berdiri majlis ini dipelopori oleh beberapa kasepuhan di dusun kami antaranya adalah K.H Djawis Masruri, K.H Hasyim Syafi'i, dan K.H Sarnubi dengan diawali kegelisahan agamasisnya yaitu dengan adanya banyak penghafal al-Qur'an (yang perempuan) di dusun Jejeran mungkin sampai 20 orang yang hafal sehingga terbentuklah sebuah majelis ini.

Dan di sisi lain tujuan diadakan kegiatan ini adalah berharap menambah berkah pada dusun tercinta ini. Pada akhirnya, lahirlah majlis sema'an Qur'an Ahad Pahing-an. Tepatnya pada pertengahan tahun 2008, Alhamdulillah sampai sekarang tetep berjalan. Dalam majlis sema'an Qur'an ini juga diikuti oleh berbagai santriwati dari berbagai pondok pesantren yang ada di dusun Jejeran. Biasanya dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 12.00 atau sebelum dzuhur dengan rincian acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan dengan membaca surat al-Fatihah
  2. Tahlil atau mengirim doa kepada arwah sesepuh
  3. Acara inti, yakni sema'an al-Qur'an
  4. Istirahat
  5. Dilanjutkan sema'an Qur'an yang sisanya, tiga juz serta doa
  6. Terakhir adalah penutup,

Komentar atas Semaan Rutin Ahad Pahing Dusun Jejeran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License