Saluran Drainase Dibenahi, Persoalan Banjir Ketonggo Teratasi

Administrator 03 Oktober 2018 12:58:42 WIB

WONOKROMOINFO – Warga Dusun Ketonggo boleh gembira. Saluran drainase yang ada di RT 05 Ketongo, Wonokromo, Pleret mulai diperbaiki. Saluran drainase ini sering tersendat karena kemiringan yang tidak sempurna. Akibatnya terjadi genangan setelah diguyur hujan.

Kontributor  menyempatkan mengunjungi langsung lokasi drainase, terlihat tujuh orang sedang sibuk bekerja. Terlihat di bagian tengah proyek drainase sudah ada yang ditutup cor, sedangkan di kedua ujung belum ditutup.

Perbaikan drainase tersebut membentang dari depan Masjid Mubarok Ketonggo ke utara sekitar 300 meter. Pekerjaan itu tepat di tengah jalan dusun, sehingga untuk sementara menjadi jalan setapak yang kendaraan hanya bisa dilalui satu motor. Di sebelah barat masjid, terlihat papan pengumuman proyek tergeletak di tanah.

Meski pun sedikit mengganggu tapi tidak apa-apa, kan nanti hasilnya bisa dinikmat bertahun-tahun. Perbaikan drainase juga awalnya warga yang mengusulkan,” ucap Suradi (43), salah satu warga Ketonggo, kemarin.

Menurut Suradi, sebelum diperbaiki, pada saluran itu aliran air tidak lancar dan sering terjadi genangan setelah diguyur hujan. Dia berharap ke depan, drainase itu ke depan bisa berfungsi dengan baik.

Suradi yang juga berprofesi sebagai tukang bangunan ini sempat mengamati sebagian bahan yang dipakai untuk perbaikan drainase tersebut, khusus besi penutup sesuai standar. Konstruksi drainase dinilai sudah bagus karena menggunakan besi 12 rangkap. “Kalau ada truk diisi pasir lewat, enggak ambles kalau campurannya standar,” ujar Suradi.

Salah satu Tokoh Masyarakat, H. Ahmad Riyanta (58) mengatakan, proyek drainase ini sangat bagus untuk masyarakat. Menurutnya, persoalan banjir yang selalu menghantui warga saat hujan turun bisa tertangani dengan perbaikan saluran drainase.

Jumar, pekerja di lokasi proyek mengatakan, proyek senilai Rp 196 juta itu dimulai sekitar pertengahan Agustus 2018. Saat ini progres pekerjaan baru mencapai 60 persen. “Sampai saat ini lancar-lancar saja tidak ada kendala,” kata Jumar

Jurnalis : Arif K Fadholy ( https://wartakonstruksi.com )

Komentar atas Saluran Drainase Dibenahi, Persoalan Banjir Ketonggo Teratasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License