Gapoktan Desa Wonokromo Melaksanakan Gropyokan Tikus

Administrator 30 September 2018 11:38:12 WIB

WONOKROMOINFO – Gapoktan Desa Wonokromo melaksanakan giat gropyok tikus di bulak sawah Pandes 1 pada Minggu (30/9/2018), hal tersebut dilaksanakan karena tanaman padi di wilayah Desa Wonokromo dalam beberapa pekan terakhir diserang hama tikus. Serangan cukup mengkhawatirkan hingga membuat petani memperbanyak kegiatan gropyokan. Cara tersebut diharapkan bisa menekan populasi dan serangan untuk menyelamatkan tanaman padi. Serangan tikus tidak hanya terjadi pada malam hari namun juga pagi dan siang. Akibatnya tanaman menjadi rusak dan dikhawatirkan bisa gagal panen. 

“Kondisi tersebut membuat petani harus berjuang keras melakukan penanganan. Salah satu yang sudah dilakukan yakni gropyokan bersama dengan petani. Usaha dilakukan dengan maksud memberantas dan mengurangi populasi tikus.,” ujar Kasi Kesejahteraan Desa Wonokromo M. Ikhsan.

Dalam gropyokan tersebut petani berhasil menangkap beberapa ekor tikus untuk dimusnahkan. Tikus tersebut dimatikan dengan maksud mengurangi populasi dan serangan. “Tanaman padi yang diserang tidak hanya sudah mengeluarkan bulir, namun juga tanaman padi yang baru saja ditanam ikut dirusak,” lanjutnya.

Petani berharap ada perhatian dari Dinas Pertanian Bantul untuk ikut membantu mengatasi serangan tikus. Harapannya agar serangan tidak lagi terjadi dan petani tenang hingga panen padi.

Komentar atas Gapoktan Desa Wonokromo Melaksanakan Gropyokan Tikus

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License