Kegiatan POSBINDU di Dusun Ketonggo

Administrator 30 September 2018 11:23:31 WIB

WONOKROMOINFO - Kader Kesehatan Dusun Ketonggo melaksanakan kegiatan posbindu dan posyandu lansia pada Sabtu (29/9/2018) di pendopo dusun ketonggo.

Banyak warga dusun Ketonggo yang berpartisipasi dalam kegiatan ini terutama para lansia. Kegiatan yang dihadiri sekitar 63 peserta memberikan dampak positif bagi warga. Setiap sebulan sekali para warga dusun Ketonggo rutin untuk memeriksakan kesehatannya di pelayanan kesehatan posbindu.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendeteksi penyakit tidak menular pada diri seseorang sejak dini, dimana untuk mencegah penyakit itu lebih baik daripada menunggu hingga parah dan mengobati.

Koordinator Posbindu Kejora Dusun Ketonggo Umi menjelaskan pemeriksaan  ini dilakukan secara gratis.  Yaitu meliputi ukur berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, lingkar lengan atas, dan tekanan darah. Namun apabila peserta berkenan untuk melakukan cek darah, posbindu juga menyediakan fasilitas layanan untuk cek gula darah, asam urat, dan kolesterol dengan dipungut biaya.

Pada dasarnya pelayanan kesehatan posbindu ada 5 tahap dan dilakukan pemeriksaan satu persatu.

  1. Tahap 1 adalah registrasi dengan menunjukkan KTP dan jaminan kesehatan (kalau ada).
  2. Tahap 2 adalah wawancara yang dilakukan oleh petugas. Disini akan ada tanya jawab dengan peserta mengenai riwayat kesehatan hingga keluhan kesehatan yang dirasakan.
  3. Tahap 3 adalah pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, dan lingkar lengan atas. Di tahap 3 ini peserta akan. Mengetahui hasil IMT (Indeks Masa Tubuh) apakah normal atau tidak.
  4. Kemudian tahap 4 yaitu pemeriksaan tekanan darah, dan cek darah. Dan yang terakhir adalah tahap 5 yaitu identifikasi faktor risiko penyakit tidak menular, konseling, hingga tindak lanjut lainnya.

Apabila hasil pemeriksaan parah dan harus ada tindakan medis lebih lanjut, maka petugas akan melakukan tindakan merujuk ke Puskesmas.

Komentar atas Kegiatan POSBINDU di Dusun Ketonggo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License