Sate Klatak, Kuliner Khas Wonokromo

Administrator 20 Januari 2018 23:41:42 WIB

WONOKROMOINFO - Liburan di Yogyakarta belum pas rasanya kalau tidak mencicipi sate klatak. Menu sate klatak merupakan kuliner khas Wonokromo.

Menu sate klatak ini banyak dijumpai di kawasan Wonokromo, Pleret, Bantul. Ada puluhan warung sate kambing mulai dari simpang empat Ringroad, Gondowulung atau Jalan Imogiri Timur hingga Jejeran, Wonokromo, Pleret Bantul yang menyajikan sate klatak.

Beberapa warung sate di Wonokromo  yaitu :

  1. Sate Pak Keru
  2. Sate Bu Sri
  3. Sate Topa
  4. Sate Pak Penjol
  5. Sate Pak Untung
  6. Sate Pak Jito
  7. Sate Pak Abu
  8. Sate Pak Jam
  9. Sate Mak Adi
  10. Sate BU Jazim
  11. Sate Pak Jam 2
  12. Sate Pak Jupaini
  13. Sate Pak Pong 2
  14. Sate Pak Nyong
  15. Sate Pak Wawi
  16. Sate Pak A (Pasar Jejeran)
  17. Sate Pak Jono (Pasar Jejeran)
  18. Sate Pak Bari (Pasar Jejeran)
  19. Sate Lek Yunus
  20. Sate Pak Hawing
  21. Sate Pak Sawal
  22. Sate Pak Mus
  23. Sate Pak Pong I
  24. Sate Pak Hudan

Menu sate kambing yang dikenal selama ini menggunakan bumbu kecap atau sering disebut sate bumbu. Sedangkan sate klatak, bumbu yang digunakan cukup garam dan sedikit merica.

Kambing yang dijadikan sate ini juga masih berumur muda sehingga daging tidak alogt dan keras tapi empuk.

Sate klatak saat dibakar tidak menggunakan tusuk sate/sujen bambu, namun dengan jeruji sepeda. Hal ini dilakukan agar saat daging kambing yang dibakar bagian dalam bisa matang keseluruhan.

Saat disajikan, tusuk sate klatak dari jeruji besi itu tetap dibiarkan. Berbeda kalau memilih sate bumbu, tusuk sate dari jeruji itu dilepas kemudian ditambah bumbu kecap, irisan bawang merah dan cabe.

Cara menikmati, saat memakan sate klatak, cukup ditambah dengan kuah gulai plus nasi putih. Meski cara penyajian atau membakarnya cukup sederhana, namun banyak wisatawan yang ingin menikmati kuliner sate yang tidak ada ditemui di lain daerah.

Selain sate klatak, warung-warung sate di kawasan itu juga menyajikan menu lainnya seperti gulai, tongseng, tengkleng dan nasi goreng kambing.

"Sate klatak seporsi untuk satu orang bisa isi 2 tusuk, plus kuah gulai. Kalau ada tambahan biasanya tongseng. Minumannya teh gula batu," ungkap Pak Pong salah satu penjual sate klatak.


Komentar atas Sate Klatak, Kuliner Khas Wonokromo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2018

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License