Tahun Baru, Dasa Wisma Jejeran 1 Mengawali Dengan Sedekah Sampah

Administrator 02 Januari 2023 08:28:46 WIB

Wonokromoinfo – Mengawali tahun baru 2023 Minggu 1 Januari 2023 ibu - ibu warga RT 01 Padukuhan Jejeran 1 Kalurahan Wonokromo Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan pengumpulan sedekah sampah pada pukul 07.00 WIB di pinggir sungai belik. Kegiatan tersebut diikuti oleh pengurus dasa wisma RT 01 Padukuhan Jejeran 1.

Ibu Ketua RT 01 Padukuhan Jejeran 1 Siti Khusbaniyah menjelaskan bahwa sampah ternyata tidak hanya memiliki nilai ekonomi tetapi mampu menjadi media dalam bersedekah. Adapun tujuan dibentuknya sedekah sampah Mawar Jejeran 1 ini antara lain :

* Untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA Piyungan

* Agar tercipta lingkungan yg bersih dan sehat

* Sarana kegiatan rutin warga setiap 1 bulan sekali

* Memupuk kesadaran ramah sampah

* Menambah nilai ekonomi (income) warga RT untuk kesejahteraan warga.

Muslikhah selaku pengurus sedekah sampah mawar Jejeran 1 menyampaikan barang barang yang dapat disumbangkan  atau disedekahkan untuk diikumpulkan berupa, Kardus bekas, Kertas , Botol, Plastik dan logam /besi, sedekah sampah dilaksanakan setiap minggu pertama pada setiap bulannya, dan dikumpulkan di tempat pilah sampah Jejeran 1 yang terletak di pinggir sungai belik. Hasil pengumpulan sedekah sampah pada sore harinya akan ditimbang dan dibeli oleh pengepul sampah.

Muslikhah menambahkan sedekah sampah hanya dapat berdiri jika ada komitmen warga menjadi donatur atau rela memberikan sedekah sampahnya yang dimulai dengan disiplin memilah sampah sesuai jenisnya sehingga nantinya yang terbuang di TPA adalah residu sampah yang tidak dapat diolah dan tidak memiliki nilai tambah.

Muhammad Mustamid selaku Dukuh Jejeran 1 saat ditemui di tempat terpisah mengajak warga Jejeran 1 “mari kita dukung upaya upaya kreatif warga masyarakat yang secara swadaya mendirikan sedekah sampah dan jika semua RT di Jejeran 1 melakukan ini saya yakin bahwa  lingkungan warga menjadi lebih sehat, bersih, kreatif, produktif dan sejahtera” ujar Mustamid. (P.Wo)

Komentar atas Tahun Baru, Dasa Wisma Jejeran 1 Mengawali Dengan Sedekah Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License