Pelestarian Sholawat Jawa dan Rodad Kalurahan Wonokromo di Era Digital

Administrator 21 Desember 2022 15:07:01 WIB

Wonokromoinfo – bertempat di Pendopo Kalurahan Wonokromo Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul diadakan gladen sholawatan jawa dan rodad pada Minggu, 18 Desember 2022. Kegiatan ini dimulai pukul 20.00 WIB, dengan dihadiri oleh Lurah Kalurahan Wonokromo H. AM. Machrus Hanafi, S.Ag, beserta Pamong Kalurahan dan anggota sholawatan 75 orang.

Kesenian sholawat jawa merupakan salah satu kesenian yang semakin lama semakin hilang tergerus oleh kesenian modern dan tidak dipungkiri kesenian ini hanya diikuti oleh orang tua atau lansia yang saat ini kurang diminati oleh generasi muda.  Agar tidak semakin hilang Pemerintah Kalurahan Wonokromo berusaha untuk tetap melestarikan budaya tersebut. Disamping kegiatan ini sebagai wadah dakwah islamiyah melalui sholawatan Jawa dan berusaha "nguri-uri kabudayan jawi".

Lurah Wonokromo H. AM. Machrus Hanafi, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat perlu dilestarikan mengingat kalurahan wonokromo yang berbasis santri memiliki dua “bandul” yaitu Semaan Al Quran dan Majlis Sholawatan yang kedua kegiatan tersebut wajib rutin dilaksanakan dilingkungan kantor kalurahan wonokromo setiap tahunnya.

Kesenian sholawatan ada tradisi masyarakat islam jawa, berisi pujian-pujian kepada Nabi Muhammad SAW, merupakan perpaduan dari kesenian Arab dan Jawa, alat musik khas jawa menjadi pengiringnya.

Dani Febriana selaku Dukuh Wonokromo II yang juga ketua Sholawatan Rodad Zumrotul Ikhwan menjelaskan, memang sebaiknya kita harus memberi perhatian lebih pada seni ini, sebagai apresiasi pada pelaku seni dan juga untuk melestarikan kebudayaan dari nenek moyang kita, sebagai metode dakwah yang berbasis bahasa jawa. kegiatan ini sangat perlu regenerasi, variasi tembang dan iringan.

Dani menambahkan, adanya group-group seni di kalurahan wonokromo perlu didaftarkan ke dinas kebudayaan agar teregister dan kedepan dapat difasilitasi.

Gladen sholawatan jawa dan rodad dilaksanakan dengan hikmat dan diakhiri dengan pembacaan maulid Al Barjanji serta mahalul qiyam sampai pukul 23.00 WIB. (P.Wo)

Komentar atas Pelestarian Sholawat Jawa dan Rodad Kalurahan Wonokromo di Era Digital

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2018

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License