FPRB Kalurahan Wonokromo Selenggarakan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat

Administrator 21 Desember 2022 14:13:36 WIB

Wonokromoinfo-Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kalurahan Wonokromo menyelenggarakan peningkatan kapasitas yaitu dengan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat pada Sabtu, 17 Desember 2022 di Pendopo Kalurahan Wonokromo Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Kalurahan Wonokromo H. AM. Machrus Hanafi, S.Ag, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Pleret Marji Hidayat, S.IP.,  Babinkamtibmas Wonokromo Bripka Nurohman, Babinsa Wonokromo Sertu Heri Prasetyo dan anggota FPRB Kalurahan Wonokromo.

Dalam sambutannya Lurah Wonokromo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para relawan khususnya FPRB Kalurahan Wonokromo yang telah setiap saat siaga dalam penanganan bencana dan pelatihan PPGD ini sangat penting dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat ketika ada warga yang membutuhkan pertolongan darurat.

Dalam kegiatan tersebut materi diberikan oleh narasumber M. Fajar Taufik dari PMI Kabuaten Bantul yang menyampaikan materi tentang PPGD, dan tujuan Tujuan PPGD antara lain :

  1. Menyelamatkan nyawa korban
  2. Meringankan penderitaan korban
  3. Mencegah cedera/penyakit menjadi lebih parah
  4. Mempertahankan daya tahan korban
  5. Mencarikan pertolongan lebih lanjut

Selanjutnya cara mengecek kesadaran pasien dengan AVPU :

  1. A (Alert): Mengecek kesadaran korban, jika korban tidak sadar lanjut ke poin V.
  2. V (Verbal): Panggil korban dengan dengan berbicara keras di telinga korban (jangan menggoyang atau menyentuh pasien), jika tidak merespon lanjut ke poin P.
  3. P (Pain): cobalah beri rangsang nyeri pada pasien, misalnya dengan menekan bagian putih dari kuku tangan (selain itu dapat juga dengan menekan bagian tengah tulang, atau area di atas mata)
  4. U (Unresponsive): jika pasien masih tidak bereaksi maka pasien berada dalam keadaan unresponsive. Dalam keadaan seperti ini, segera panggil bantuan dari pihak medis.

Pemateri kedua yaitu Supadi dari FPRB Kabupaten Bantul yang menyampaikan tentang beberapa praktek langsung dalam penanganan korban darurat di masyarakat seperti, korban orang tersedak, bayi kejang, kaki tangan patah dan lain sebagainya.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kalurahan Wonokromo As’ad Zamzami, S.Ag mengatakan kegiatan tersebut digelar oleh FPRB Kalurahan Wonokromo dengan dukungan anggaran dari Dana Desa Tahun 2022 dengan harapan FPRB dapat mengetahui apa  yang harus dilakukan ketika terdapat warga yang memerlukan penanganan gawat darurat. “Kami berharap apa yang didapat dari pelatihan tersebut dapat ditularkan kepada warga masyarakat, sehingga ketika mendapatkan warga yang butuh pertolongan, tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan” Ujar As’ad.

Acara Pelatihan PPGD berlangsung dengan lancar walaupun sampai jam 24.00 WIB dan peserta masih tetap antusias. (P.Wo)

Komentar atas FPRB Kalurahan Wonokromo Selenggarakan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2024

Habib

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License