Lounching Program Bank Sampah Pandes Asri

Administrator 23 Agustus 2022 13:07:58 WIB

Wonokromoinfo – Bertempat di Masjid Baitul Jabar Pandes 1 telah dilaksanakan lounching Program Bank Sampah Pandes Asri pada Minggu 21 Agustus 2022. Hadir pada kegiatan tersebut Dukuh Pandes 1 Budi Cahyono, S.Pd., ketua takmir masjid Baitul Jabar Khoironi, SE., tokoh masyarakat Pandes 1 Ngadnan, S.Pd., Suyatno, M.Pd. Lina Kusmianti dan segenap warga masyarakat Pandes 1.

Kegiatan tersebut merupakan inovasi dari kelompok wanita tani pedukuhan Pandes 1 tentang sistem pengelolaan sampah.

Dukuh Pandes 1 Budi cahyono, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan untuk mendukung program Bupati Bantul yaitu Bantul Bebas Sampah Tahun 2025 terkait kondisi TPA Piyungan sudah tidak memadai, sehingga masing masing dusun diinstruksikan untuk pengolahan sampah secara mandiri, diusahakan zero waste atau bebas sampah maka warga Pandes 1 harus bergerak dalam mensukseskan program tersebut dengan program bank sampah.

Program tersebut didukung oleh semua warga pandes 1 dengan berbondong bondong mengikuti kebiasaan pilah sampah yang dilakukan setiap rumah. Pilah sampah ini dilakukan secara mandiri dari masing – masing rumah. Memisahkan sampah – sampah yang bernilai ekonomis seperti kertas, botol bekas, plastik, kaca dan lain – lain. Untuk sampah yang berupa sampah organik bisa ditimbun atau dimanfaatkan untuk berbudidaya maggot. Hasil pilah sampah tersebut kemudian dalam 1 bulan sekali ditabung bank sampah pandes asri.

Bank Sampah Pandes Asri ini berjalan dalam 1 bulan sekali di minggu ke-3 pada setiap bulannya. Setiap warga diwajibkan mendaftar sebagai nasabah bank sampah Pandes Asri, kemudian diharapkan aktif menabung sampah setiap bulannya. Hasil sampah yang terkumpul setiap bulannya akan diambil langsung oleh pihak ke-tiga (penggepul) yang merupakan pengusaha rosok warga Pandes 1 yaitu Pak Eko. Bagi nasabah yang sudah menabung sampah, diperbolehkan mengambil hasil tabungan setiap 1 tahun sekali.

Harapan dari program Bank Sampah Pandes Asri ini; segenap warga Pandes 1 dapat mendapatkan manfaat dari sampah yang dihasilkan dari setiap rumah. Baik dari segi ekonomi, dari segi social masyarakat dan tentunya dari segi lingkungan. Warga memperoleh pendapatan tambahan dan tercipta lingkungan masyarakat yang bersih dan indah.

P.Wo

Komentar atas Lounching Program Bank Sampah Pandes Asri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License