Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam dan Non Alam

Administrator 10 Desember 2021 10:06:02 WIB

Wonokromoinfo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul melaksanakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam dan Non Alam di Pedukuhan Jati pada Kamis, 9 Desember 2021.

Bertempat di rumah Dukuh Jati, Lurah beserta Kasi, Kaur dan relawan hadir dalam sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Bantul. Selain itu, hadir dalam sosialisasi ini DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharja.

Dalam sosialisasi ini memetakan bencana yang mungkin terjadi di kalurahan Wonokromo diantaranya: banjir, pohon tumbang, kebakaran. Sehingga diterangkan bagaimana penanganan masalah kebencanaan yang mungkin terjadi di Kalurahan Wonokromo.

Hanung Raharja juga menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten Bantul tidak hanya fokus pada pembangunan fisik melainkan juga pembangunan sumber daya manusia, salah satunya dengan diadakannya sosialisasi di masyarakat. Kegiatan sosialisasi seperti ini insyaAllah akan mulai rutin diadakan di tahun 2022 karena 2 tahun terakhir ini anggaran pemerintah difokuskan untuk penanganan pandemi "imbuh Hanung Raharja".

Selain permasalahan mitigasi, para audien juga menyampaikan masalah yang dihadapi para relawan ketika akan melakukan tanggap bencana seperti contohnya pembelian bahan bakar chainsaw yang tidak bisa menggunakan jirigen. Untuk itu, Ketua DPRD Kabupaten Bantul akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk menangani masalah tersebut.

Setelah acara sosialisasi ini selesai dilanjutkan dengan praktik penanganan darurat kebakaran yang dipandu oleh Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul.

Acara Sosialisasi Mitigasi ini selesai pada pukul 11.30 WIB.

Komentar atas Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam dan Non Alam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License