Sosialisasi Sadari pada Pertemuan PKK Desa Wonokromo

Sipel 13 Januari 2020 11:33:44 WIB

Wonokromoinfo – Bertempat di Aula Balai Desa Wonokromo, pada hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020 jam 13.00 WIB - 16.00 WIB telah dilaksanakan Pertemuan Rutin PKK Desa Wonokromo. Acara ini merupakan pertemuan perdana diawal Tahun 2020 yang dihadiri 120 anggota PKK Desa Wonokromo.

Adapun rangkaian acara pertemuan PKK Desa Wonokromo adalah diawali dengan pembacaan asmaul khusna oleh pokja 1 kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan terakhir diisi dengan materi.

Lila dari Kebidanan Yogyakarta  menyampaikan materi tentang Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI adalah cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. Pemeriksaan ini Anda lakukan sendiri, bila ada sesuatu yang tidak seperti biasanya, segera hubungi dokter. SADARI sebaiknya dilakukan satu minggu setelah periode haid, pada saat payudara mulai melunak. 

 

Lila juga menjelasan tentang Periksa Payudara Sendiri (SADARI) baiknya dilakukan 7-10 hari setelah menstruasi setiap bulannya. Caranya adalah sebagai berikut: 

  1. Berdirilahdi depan cermin dalam keadaan pakaian yang terbuka dari pinggang ke atas dan pastikan pencahayaan ruangan baik.
  2. Perhatikanpayudara Anda, sebab kebanyakan wanita tak memiliki ukuran payudara yang sama, biasanya payudara kanan lebih besar atau lebih kecil.
  3. Setelah itu taruh lengandi samping tubuh, perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, serta bentuk puting payudara.
  4. Kemudian letakkan tanganmu pada pinggang dan tekan kuat-kuat, sambil perhatikan payudara Anda dari kiri ke kananjuga sebaliknya.
  5. Selanjutnya, membungkuklahdi depan cermin, hingga payudara Anda terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk mengetahui apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
  6. Tautkan tanganmu di belakang kepala untuk kemudian tekan ke dalam. Periksalah kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah.
  7. Tekansecara perlahan area puting payudara dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol. Cermati kembali, apakah ada sekresi, seperti darah yang keluar dari puting Anda.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Rebopungkasan Desa Wonokromo

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2018

Habib

Lokasi Wonokromo

tampilkan dalam peta lebih besar