Peresmian Pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) Dusun Jati

Sipel 09 Januari 2020 12:01:09 WIB

Wonokromoinfo – Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP,MAP, menghadiri peresmian dan Serah Terima  Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat' (SPALDT) Pemukiman Program DAK SANITASI TAHUN 2019 di Dusun Jati Desa Wonokromo Pleret Bantul, Kamis (9/01/2020).

Hadir dalam acara tersebut Camat Pleret Indriyanta S.Ip., Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) Kabupaten Bantul Erwin Prasmanta, Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, SIP., MAP., Kasi Kesejahteraan Wonokromo M. Ikhsan, Babinkamtibmas Wonokromo Bripka Gunawan, Babinsa Wonokromo Serka Mahkardiyono, Kasi Ekbang Kecamatan Pleret Sadimin, Kepala Dusun Jati H. Sumedi Waluyo, Ketua KSM Jati Priyono dan tokoh masyarakat Dusun Jati.

Pembangunan Ipal komunal berkapasitas 50 kepala keluarga (saluran rumah tangga) DAK Tahun Anggaran  2019 tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran sanitasi terhadap lingkungan dengan tidak membuang limbah sembarangan.

Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi DPU-PKP Bantul Erwin Prasmanta dalam sambutannya mengatakan Bahwa ipal akan sangat berarti dan berguna bagi masyarakat. Sumur yang ada di kita adalah sumur yang rawan akan bakteri karena sumur kita dangkal dimana sumber bakteri dari setiap rumah yang mempunyai pembuangan air dan kotoran. Setelah diresmikan dan diserahkan ipal ini sepenuhnya tanggung jawab warga dalam pengelolaan dan pemeliharaanya serta sebagai penanggung jawab dari pemerintah desa. 

“Kami titip pesan bahwa ini bukan milik KKPSN namun punya warga sepenuhnya dan saya berharap agar dikelola dengan sebaik baiknya dan jangan membuang sampah sembarangan di dalam closet”.pintanya. 

Dalam sambutannya Lurah Desa Edy Pudjono, SIP,MAP mengatakan IPAL ini sangat penting agar limbah domestik rumah tangga baik itu grey water maupun black water bisa dikelola dengan baik sehingga tidak mencemari lingkungan. Saya harap kita semua bisa saling membantu dalam merawat dan mengelolanya,” pinta Edy Pudjono.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU-PKP) Kabupaten Bantul yang telah memperjuangkan keinginan masyarakat dalam upaya peduli terhadap lingkungan, semoga di tahun tahun mendatang bisa ada program seperti ini lagi”ucapnya. (Gun)

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Rebopungkasan Desa Wonokromo

TAUTAN

http://kpud-bantulkab.go.id/

Kalender Hijriyah-Masehi 2018

Habib

Lokasi Wonokromo

tampilkan dalam peta lebih besar