Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

Op 1 08 November 2016 10:56:12 WIB

Murtigading_Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016 Tingkat Kecamatan Sanden, dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Sanden(28/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Camat Sanden Drs. Fatoni dengan Komandan Upacara Wisnu Adi Pamungkas pelajar SMK Negeri 1 Sanden Kelas X Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).

Camat Sanden Drs. Fatoni selaku Irup membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI antaralain mengatakan, penghargaan diberikan kepada Bung Karno Bapak Bangsa tokoh pemuda saat itu dengan kalimatnya yang terkenal yaitu "Berikan aku 1.000 orangtua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

Data demografi Indonesia menyebutkan jumlah pemuda di Indonesia sesuai UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-20 tahun berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 252 juta orang. (BPS 2014).

Bonus demografi menjadi windosw opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan SDM usia produktif dalam jumlah yang signifikan. Secara rasio dapat digambarkan bahwa, setiap 100 penduduk Indonesia, terdapat 64 orang usia produktif, sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia. Rasio usia produktif 64% sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju. Itu adalah rasio usia produktif terbaik Indonesia yang mulai dinikmati tahun 2020 dan berakhir tahun 2035.

Bung Karno tidak menunggu bonus demografi, untuk memberikan kehormatan yang layak bagi bangsa dan negaranya, tetapi hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia.

Pemuda-pemudi Indonesia yang berhasil mengharumkan bangsa dikancah internasional diantaranya, Rio Haryanto (23) ke level tertinggi balap mobil internasional F.1. Tradisi emas diajang Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil cabang olahraga Bulutangkis oleh Owi-Butet anak muda berusia 27 dan 30 tahun.

Di industri kreatif kita juga menemukan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mengharumkan negara dan bangsa di kancah internasional. Joe Taslim menggungcang panggung Hollywood melalui film fast and furious, Livi Zheng sutradara muda asal Jawa Timur yang berhadil menggungcang panggung perfilman Hollywood.

Di dunia musik ada Sandhy Sundoro, bidang start up yang omzetnya mengundang decak kagum pebisnis online dunia, serta prestasi-prestasi pemuda Indonesia lainnya di berbagai bidang yang berhasil mengharumkan nama bangsa.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia. Sihumas Polsek Sanden.

Komentar atas Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussyoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

NEWS

Pemanfaatan SID

Mbangun Desa

INSTANSI TERKAIT

  • Puskesmas Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 6464295, 7466886
  • Polsek / Kepolisian Sektor Sanden Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul (0274) 7101510
  • KUA / Kantor Urusan Agama Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul (0274) 7491435
  • Koramil / Komando Rayon Militer Sanden Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
  • Lokasi Sid Developer

    tampilkan dalam peta lebih besar